28 Juli 2009

Menu buat Spasmofilia (still a trial)

Kasih sayang dan kesabaran penting buat anak" spasmofilia.......dan aku percaya semua yang bersifat alami adalah baik....

Maka bulan ini aku memperbanyak asupan kalsium lewat menu anak".
Aku bersyukur karena anak"ku terbiasa memakan sayur"an dan buah"an.

Aku browsing dan menemukan hal" seperti ini :
  • Jumlah kalsium yang dibutuhkan manusia adalah sesuai umur.

Untuk umur 1-3 tahun perlu 500 mg kalsium per hari (kira"= 2 gelas susu)

Untuk umur 4-8 tahun perlu 800 mg kalsium per hari (kira"= 3 gelas susu)

Untuk umur 9-18 tahun perlu 1300 mg kalsium per hari (kira"= 4 gelas susu)

Nah...yang jadi masalah adalah Vin sedikit alergi dengan lemak susu. Dia sering radang tenggorokan kalo minum susu lebih dari 2x. Akhirnya aku mengencerkan takaran susunya dan tetap memberikan susu 3x sehari. Ternyata.... berhasil juga :) (dia bisa minum susu 3x tanpa kena radang....)

Aku mencoba menambah frekwensi makanan berkalsium dalam menu anak" , misal :
~~ Asupan kalsium dari daging, aku olah menjadi kaldu. Aku memberikan Vin kaldu sapi seminggu 2x.

~~ Asupan kalsium dari sayur, aku perbanyak bayam merah dan brokoli.

~~ Asupan kalsium dari buah dan sayur , aku berikan 2x sehari dan biasanya adalah :
Juice stroberi, juice bit, juice jambu caisim, juice jeruk atau wortel.

Beberapa contoh makanan yang mengandung kalsium:
* Yoghurt rendah lemak tanpa rasa: 300-450 mg per porsi (1 cup)
* Keju Amerika: 350 mg per porsi ( 2 ons)
* Susu sapi (berlemak atau rendah lemak): 300 mg per porsi ( 1 cup)
* Susu kedelai berkalsium: 300 mg per porsi (1 cup)
* Jus jeruk berkalsium: 300 mg per porsi (1 cup)
* Keju Cheddar: 300mg per porsi (1.5 ons)
* Bayam: 120 mg per porsi ( 1 cup - mentah atau 1/2 cup dimasak)
* Buah Jeruk : 50 mg per porsi (1 buah jeruk ukuran sedang)
* Oatmeal siap saji: 100 mg (1 bungkus)
* Kentang: 44 mg per porsi ( 1/2 cup - halus)
* Brokoli: 35 mg per porsi (1 1/2 cup mentah atau 1/2 cup dimasak)
* Sayuran hijau, sayur-sayuranan berdaun lebar, tahu, ikan sarden, dan salmon .

Oh ya.. aku juga sudah rutin memberikan Vin refleksi ato pijat badan sedikitnya 3x sebulan.

Hasil sementara yang terlihat adalah warna coklat bekas gigitan nyamuk pada kakinya mulai memudar. (Biasanya orang" yang kekurangan kalsium mudah sekali alergi pada makanan maupun binatang. Sedikit gigitan nyamuk saja akan meninggalkan tanda yang lama.. bisa bulanan baru hilang...).

Selain itu, Vin juga bisa tidur lebih lama. Istirahat dan relax penting buat anak" spasmofilia !!!

Vin : " Spasmofilia ga jelek" amat kok Mih.... aku bisa santaiiii.... makanya Mio jangan kasih aku stress yah... jangan bikin Kumon banyak"...."

Aku : " Emang.... ga ada yang jelek" banged ama spasmofilia.... yang ga enak kan cuma ga boleh main game...."

Vin :" Hikzz.... iaah... itu bagian terberat !!! Ga bisa maen game ..."

Aku : " Hehehehe...irit deh Mio "

(Ah, ga tega ama Vin.... akhirnya ia aku perbolehkan main game selama 1/2 jam hanya di weekend...)

Ah...semoga saja, apa yang lagi aku usahakan bisa benar" membuat Vin lebih baik dari spasmofilianya....

Yupzz... Semangat !!!! Semangat !!!!