23 Mei 2009

Dear Nat and Vin

Nat dan Vin terima rapor kemaren...

Nat got 1st rank ...Average 91(U worth it girl !!!)
Vin got good marks .... Average 90 (U worth it boy !!!)
Nat naik ke Level 7 dan Vin Level 2. I am proud with both of you kidz....becoz both of you are independent kidz.....

Saat menunggu giliran mengambil rapor Vin, aku mendengar sekilas percakapan seorang mom dan guru wali kelas ....

Mom : " Miss, anakku khawatir sekali kalo menjelang ulangan..."
Miss : " Kenapa ?"
Mom : " Takut ga dapat nilai 10"
Miss : " Sha...(nama anak) kamu ga usah khawatir ... kamu anak pintar... u see u get 10 for this exam (show a paper and Sha mengangguk")
Mom : " Padahal setiap kali mau ulangan , saya sudah mempersiapkan dia sebaik"nya supaya kalo ulangan dia ga takut..sampe" setelah ulangan saya harus mengecek nilai per nilai pada guru..."
Miss : " Saya rasa, mom harus memberikan dia dorongan untuk percaya diri dan tidak perlu mengecek nilai" tersebut buat dia...."
(I didn't hear the next bla bla bla, coz I was back to my book)

Sambil membaca sambil berpikir.....
Sebenarnya si Mom ga sadar kalo anaknya begitu takut ga bisa dapat nilai 10 karena andil si Mom juga..... Penuntutan Mom pada anak untuk menjadi terbaik dan mendapatkan terbaik, membuat anak menjadi stress dan berbalik menjadi penuntut....
Anak menuntut dirinya mendapat 10 karena setiap mendapat angka 10, Mom will say : "Wow...10... u r so genius !!!"
Karena itu anak berpikir, angka di bawah 10 adalah angka jelek.....
(pity child... Mom u should watch "I Not Stupid"......I believe u'll regret !!! Becoz me too...hehehe)


At last...my turn to take the report ...
Miss : "Nilai Vin ga naik juga ga turun...padahal dia bisa lebih baik..."
Aku : (Just smile..)
Miss : "Many careless mistakes....he could get more !!!"
Aku : " Thank you for let me know that....but it's OK, Miss....I am satisfied with what he got.."
"All this time, he studied by himself and I just helped him when there's a test...so, this is all his effort...."
Miss : (tercengang) " Really ??? I didn't know about this"
Aku : - Smile - (dalam hati : "Ya eilah Miss.... kan barusan di kasih tau !!!" )


MoraL:
Dear Nat and Vin, mom just wants u happy with ur lives , love being yourselves ..... Make peace with your lives and always remember and know that u are worthy !!!!